Cara Menyimpan Bahan Makanan di Kulkas Agar Tahan Lama!

Cara Menyimpan Bahan Makanan di Kulkas Agar Tahan Lama!

Keberadaan kulkas menjadi penyelamat bagi banyak orang terutama karena kemampuannya menyimpan makanan dalam waktu lama. Makanan yang disimpan di kulkas bisa tetap segar ketika hendak dikonsumsi meskipun sudah lama disimpan. Tahukah Anda sebenarnya ada cara menyimpan bahan makanan di kulkas yang benar agar tidak mudah bau dan rasanya terjaga?

1. Buah

Menyimpan buah di kulkas ternyata tidak boleh dicuci terlebih dahulu sebelumnya karena berpotensi mempercepat pembusukan. Ada beberapa buah tertentu yang malah cepat rusak ketika di kulkas seperti misalnya pisang, melon, atau jeruk.

Ketika dalam keadaan segar, buah sebaiknya diletakkan di kulkas hanya untuk konsumsi maksimal 1-2 minggu ke depan. Ketika sudah dikupas, umur simpan buah menjadi hanya 3-4 hari saja setelahnya buah akan tampak tidak segar. Saat Anda hendak menyimpan apel, sebaiknya pisahkan dari buah lainnya karena bisa mempercepat pembusukan.

2. Sayuran

Berbeda dengan buah, sebaiknya sayur dicuci terlebih dahulu hingga bersih agar bakteri busuk yang menempel bisa hilang. Tunggu sayuran hingga benar-benar kering terlebih dahulu kemudian dibungkus kertas agar menyerap kelembaban sayur. Misalnya saja pada tomat yang ketika diletakkan pada wadah plastik menjadi cepat berair dan membusuk.

Penyimpanan sayur harus dipisahkan dari buah atau bawang-bawangan karena bahan tersebut bisa menyebabkan kekuningan pada sayur. Letakkan sayur pada laci khusus di kulkas yang biasanya sudah tersedia dari pabrik. Penyimpanan sayur sendiri hanya sekitar 2-3 hari terutama untuk jenis sayur dedaunan yang memang mudah layu.

3. Daging

Sebelum masuk kulkas sebaiknya daging tidak dicuci bersih terlebih dahulu terutama untuk daging merah seperti daging sapi. Jika sudah membeli dalam keadaan tertutup rapat seperti daging di supermarket, maka langsung letakkan saja daging di freezer.

Daging sebaiknya disimpan dalam wadah tertutup dan kedap udara supaya tidak terkontaminasi bakteri lain. Pastikan untuk meletakkan daging ikan atau unggas di bagian freezer yang sama dan tidak tercampur dari bahan makanan lainnya.

4. Telur

Produk telur menjadi bahan makanan paling sering berada di kulkas, ternyata punya cara tersendiri untuk menyimpannya. Simpan telur di rak telur, pastikan meletakkan bagian yang lebih kecil di bawah agar pembusukan bisa dicegah.

Selain itu sebelum menyimpan, cuci bersih telur terlebih dahulu kemudian lap bagian permukaannya dengan hati-hati. Untuk penyimpanan waktu lama, sebaiknya telur tidak disimpan di area pintu kulkas. Hal ini karena pintu kulkas sering dibuka dan ditutup sehingga mengalami fluktuasi suhu yang bisa mempercepat pembusukan telur.

Selain bahan di atas sebenarnya masih ada cara menyimpan bahan makanan di kulkas seperti bawang yang harus diletakkan di wadah tertutup. Sebaiknya semua makanan disimpan dalam wadah plastik yang tertutup agar gas yang dikeluarkan tidak mengganggu bahan makanan lainnya. Setiap bahan makanan punya waktu simpan berbeda jadi perhitungkan dengan baik ya!

admin